Lima Manfaat Rimbang Bagi Tubuh

oleh

Bengkulu – Rimbang adalah nama sebuah tanaman yang masih satu kerabat dengan terong. Jika dilihat sekilas, rimbang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan tanaman leunca. Rimbang sama halnya seperti leunca sering digunakan sebagai ‘lalapan’.

Lima Manfaat Rimbang bagi Kesehatan Tubuh, tak hanya memberikan sensasi nikmat saat mengonsumsinya bersama dengan lauk-pauk, rimbang juga membawa sejumlah manfaat besar bagi tubuh, :

1. Memperlancar Peredaran Darah.
Manfaat rimbang bagi tubuh yang pertama adalah untuk memperlancar peredaran darah. Karena terdapat Kandungan senyawa flavonoid pada rimbang, baik daun maupun buahnya.

2. Mencegah Diabetes
Mengonsumsi rimbang secara rutin juga dipercaya dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga risiko terkena penyakit diabetes dapat diminimalisir.

3. Mencegah Mengatasi Peradangan.
Pada rimbang juga terdapat kandungan senyawa bernama campesterol.Campesterol adalah senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi.

4. Mengatasi Infeksi.
Tubuh yang mengalami infeksi, baik infeksi yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Karena rimbang sebagai tanaman herbal ini diperkaya oleh zat-zat antimikroba dan juga antibakteri.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan
Kandungan zat pada tanaman rimbang ini juga diklaim efektif dalam mengatasi sejumlah masalah pencernaan. Sejumlah penyakit sistem pencernaan seperti diare, sakit perut, dan maag bisa diatasi oleh tanaman rimbang ini. (Budi Satria Hamzah)